Saturday, November 08, 2003

ALFA vs PENGAMEN Kemaren siang gua janjian sama seorang teman wanita, satu kampus sama gua, di atrium senen, dia minta salinan bab 3 skripsi gua, buat temennya, cowok yg ikut dateng juga. nah gua naek bis, trus di thamrin mendekati HI, ada pengamen, abis nyanyi dia minta uang gitu kan, trus tangan kiri gua ngasih tanda bahwa gua gak ada duit buat dikasih, dia ngeliat dan langsung nyolot dan ngomong : "waduh saya gak mau nodong mas ... biasa aja dong. saya tahu anda mahasiswa blablabla tapi gak usah gitu blablabla". kayak gitulah kira2. dia ngomong terus sampe ke barisan bangku belakang (bangku gua agak dibelakang) sampe orang2 ngeliatin dia gitu, dan dia pun duduk. gua liatin dia, dia ternyata turun di grandhyatt thamrin, begitu dia turun gua juga ikut turun. di halte bis langsung gua tepok dia, gua tegor, dan percakapan pun terjadi :

Alfa : "mas ... jangan gitu dong, saya kan gak punya uang. saya ngasih tangan karna gak ada uang".
Pengamen : "tapi kok gitu caranya, saya kan gak mau nodong. masak blum apa2 udah kayak gitu"
Alfa : "ya kalo ada pengamen minta uang tapi kita gak ada uang kan kita harus ngasih tangan, caranya emang gitu. jangan suudzon lah mas, saya puasa. situ islam ? "
Pengamen : "iya saya islam"
Alfa : "tau artinya suudzon ? berburuk sangka"
Pengamen : "iya, berburuk sangka"
Alfa : "nah jangan suka berburuk sangka sama orang. apalagi ini kan bulan ramadhan".
Pengamen : "iya mas" *dan dia ngeloyor pergi sambil senyum.

Kita gak ribut, cuma debat bentar sambil sama2 senyum. orang2 di halte sempet ngeliatin kita. bodo amat. gua kesel aja niat baek gua diliat jelek sama tuh pengamen. dan lagi gua udah bukan mahasiswa lagi, meski penampilan gua keliatan kayak mahasiswa *loh (gua pake t-shirt, jeans & sendal jepit serta bawa backpack). gua coba ngomong sama dia sambil senyum, biar gak emosi. gile aje tuh orang, ngamen kok gak ikhlas, sempet2nya berburuk sangka sama orang pula. di bulan ramadhan pula. parah dah. gua tau keadaan serba sulit, cuma jangan sampe perasaan terbawa sehingga kita jadi sensitif. jadi pengamen itu harus tabah. gua pernah ngamen (meski di parkit *rada eksklusif soalnya yg ngasih duit tajir2) dan tau lah rasanya kayak gimana.

Sementara itu, gua lagi2 bikin seseorang marah. tiap kali gua chatting, pasti ada aja kasus kayak gini. bikin marah orang yg gak gua kenal sih mending, tapi ini orang2 yg udah gua kenal lama, meski sekedar kenal lewat internet. gua minta maaf, kalo emang elu baca tulisan gua ini. gua sadar gua kadang2 kebangetan kalo lagi debat, bahwa gak semua pendapat bisa dipaksakan. kadang2 gua pikir gua ini terlalu idealis, atau memang sekedar kurang ajar aja. dan lagi2 gua belajar lewat kesalahan. bulan ramadhan memang penuh hikmah.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home